Rabu, 04 September 2013

Al-Wafi; Syarah Hadist Arba'in

Dr. Musthafa Dib al-Bugha & Dr. Muhyiddin Mitsu



sms atau whatsapp Vito Buku 085721490923  
Harga :  
Rp 74 000.00
Rp 55 500.00

Hadis menempati posisi yang penting dalam kehidupan setiap muslim. Hadis—persetujuan, perkataan, dan perilaku Nabi Muhammad Saw—menjadi pedoman hidup sesudah Al-Qur`an. Semenjak zaman Khalifah Umar ibn Abdulaziz usaha pembukuan hadis mulai diseriusi. Banyak ulama yang kemudian menghimpun ribuan hadis dari hafalan mereka lengkap dengan sanad ‘rentetan perawi’nya. Berbagai kitab himpunan hadis disusun dengan berbagai metode dan keunggulan masing-masing. Ada yang menggunakan metode musnad berdasarkan urutan perawi, ada pula yang menghimpun hadis dengan metode sunan berdasarkan pengebaban sesuai topik-topik tertentu. Hadis menjadi lebih mudah dipahami dan diamalkan oleh umat. Tidak cukup sampai di situ, ulama generasi berikutnya kemudian melakukan penghimpunan hadis secara sekunder dengan memilih hadis-hadis pilihan dari berbagai kitab primer yang sudah ada, melakukan peringkasan, atau penjelasan atas berbagai kitab hadis.

Di antara ratusan ribu hadis shahih yang berhasil didokumentasikan dan dikumpulkan para ulama, 40-an hadis yang dihimpun oleh Imam an-Nawawi dari berbagai kitab primer merupakan salah satu yang terbaik. Kitab tipis Arba’în Nawawiyah layak disebut terbaik karena penyusunnya berhasil menghadirkan hadis-hadis pilihan dari sumber-sumber terbaik, disusun ringkas tapi padat, kaya makna, dan menjadi sari pati ajaran Islam. Selain itu, kredibilitas penyusun kitab ini tidak diragukan lagi. Imam an-Nawawi adalah salah seorang al-hafizh, ulama handal dan menempati posisi mulia dalam bidang ilmu hadis. Mengingat keunggulan-keunggulan inilah berbagai syarah (penjelasan) Arba’în Nawawiyah pernah ditulis hingga mencapai jumlah 50 kitab lebih.

Buku yang berada di tangan Anda ini merupakan salah satu syarah kitab Arba’în Nawawiyah yang terbaik. Penulisnya, Syaikh Doktor Musthafa Dib al-Bugha dan Syaikh Muhyiddin Mistu, adalah ulama masa kini yang produktif menulis. Pada buku Al-Wafi ini, penulis melakukan syarah dengan cara men-takhrij hadis dan menjelaskan kedudukannya seperti penilaian ulama kritikus hadis, menjelaskan mufradat (kosakata) dan lafal menurut definisi bahasa secara lengkap, menyebutkan sebab-sebab dicantumkannya hadis tersebut dalam Arba’în Nawawiyah, mencantumkan ayat-ayat dan hadis yang menguatkan hukum-hukum yang terkandung dalam hadis tersebut, serta melengkapi  panduan isi dan hikmah hadis seperti hikmah pensyariatannya dan manfaat-manfaatnya, baik ditinjau dari sisi agama maupun dunia secara cermat dan mendalam. Dan demi kesempurnaan, di akhir kitab dilampirkan biografi para perawi hadis sebagai pengetahuan terhadap mereka, juga seputar sisi-sisi kebersamaan mereka dengan Rasulullah Shallallâhu ’alayhi wa Sallam.

0 comments:

Posting Komentar