Selasa, 13 Januari 2015

Rebel, 30 Band Punk Paling Berpengaruh


Judul: Rebel, 35 Band Punk Paling Berpengaruh (Soft Cover)
Penulis : Nando baskara
Penerbit: Narasi
Terbit: Agustus 2012
Harga: Rp. 45.000

Punk sejatinya adalah jenis musik yang sangat idealis, begitupun para penganutnya. Mereka tidak semata-mata menuangkan tingkat musikalitasnya dalam bentuk lagu, lalu direkam oleh salah satu industry rekaman, dan dijual luas di pasaran. Melainkan sebagai sarana untuk menyampaikan kritik atas fenomena sosial-politik tertentu, penyimpangan kekuasaan pemerintahan dan kesewenangan para pengambil kebijakan.

Dalam perjalanannya, Punk kemudian menjelma menjadi salah satu aliran musik yang kian komersil. Belakangan tidak sedikit band Punk yang kemudian “memilih” untuk membisniskan aliran musik Punk itu sendiri. Banyak lagu berirama Punk yang diciptakan lalu dinikmati pasar komersil secara luas, contohnya lagu-lagu kepunyaan Green Day atau Blink 182 terdahulu.

Sebagai bacaan popular, buku ini memuat 35 band Punk yang dalam perjalanan musiknya sangat memberikan pengaruh terhadap dunia sisoal-politik, termasuk bagi perkembangan jenis musik Punk itu sendiri. Beberapa dari antara mereka adalah band-band Punk besar dunia, yang sukses mengalunkan musiknya baik secara kepentingan industrialis maupun idealis.

2 komentar: